Saturday, November 5, 2016

Belajar Pemrograman HTML (1)

Belajar Pemrograman HTML Part 1

Di artikel kali ini kita akan mempelajari tentang struktur HTML dan tag-tag dasar. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa lihat contoh program sederhananya yang ditulis dengan menggunakan notepad++.

Scriptnya seperti gambar di bawah ini

Setelah itu, simpan file/save as dengan nama, misalnya praktikum1.html. Perlu diketahui bahwa untuk menyimpan sebuah file html, selalu diikuti dengan (.html) kemudian pada bagian/kolom save type, pilih All Files (*.*)
Buka web browser Anda kemudian ctrl+O (open) untuk membuka dokumen yang anda buat tadi. Klik browse, kemudian cari file praktikum1.html

Hasilnya akan seperti ini


Penjelasannya:
Script html selalu diawali dengan tag <html> kemudian diikuti dengan tag <head>. Di bagian tag <head>, terdapat tag <title> yang berfungsi untuk memberi judul yang akan tampil di tab browser web Anda. Pada contoh diatas, terdapat tag <title> CONTOH </title>  sehingga judul yang akan tampil di tab browser anda ialah CONTOH. Jangan lupa untuk menuliskan tag penutup untuk masing-masing tag title dan tag head dengan menambahkan tanda slash (/)
Kemudian pada bagian body atau isi dari sebuah web, digunakan tag <body>. Pada contoh script diatas, outputnya hanya akan berupa “SEDANG BELAJAR PEMROGRAMAN WEB”. Tuliskan kembali tag penutup body (</body>). Terakhir, tutup dengan tag </html>.

Nah, itu merupakan salah satu contoh program web yang paling sederhana. Semoga bermanfaat J

No comments:

Post a Comment