Sunday, November 6, 2016

Belajar Pemrograman HTML (10)

Hai sahabat bloggers sekalian, kita lanjut membahas tentang list dan link pada dokumen HTML. Karena pembahasannya cukup panjang, jadi pada postingan kali ini kita akan membahas tentang list terlebih dahulu.

List merupakan bentuk yang umum digunakan untuk mengurutkan daftar sesuatu. Pada dokumen HTML, jenis list terbagi dua, yakni : List dengan Nomor (OL: Ordered List) dan List tanpa nomor (UL: Unordered List).

Pertama, kita mulai dari list dengan nomor atau OL (Ordered List). Jadi, nomor item pada ordered list secara default adalah menggunakan angka 1,2,3..,dst sampai sejumlah item dalam list tersebut. Bila nomor ingin diganti dengan type yang lain (romawi, abjad huruf besar/kecil), maka kita tinggal mengisi atribut type pada tag  <ol>. Untuk lebih jelasnya, berikut akan disajikan contoh list dengan menggunakan tag <ol> .


Output:


Penjelasan:
Perlu diketahui bahwa sebenarnya penggunaan tag <ol> pada dokumen HTML dapat diibaratkan dengan penggunaan numbering pada microsoft office word, dimana penomorannya dapat berupa angka, huruf, maupun romawi. Untuk pemakaiannya, hal tersebut tergantung dari pembuat dokumen HTMLnya, dengan menambahkan atribut type setelah tag <ol>. Selain itu, terkadang kita juga biasanya masih memerlukan penomoran di dalam penomoran utama. Untuk masalah tersebut, kita bisa menggunakan tag <li> untuk membuat penomoran baru di dalam penomoran utama. Kita juga bisa menambahkan atribut style ataupun color setelah tag <li>. Perlu juga diingat bahwa setelah tag <ol> dibutuhkan tag penutup berupa tag </ol>. Sementara untuk tag <li>, bisa menggunakan tag penutup </li>, namun terkadang kebanyakan orang tidak menggunakan tag penutup untuk tag <li> karena hasilnya tidak akan berpengaruh terhadap output yang akan dihasilkan.

Setelah membahas list dengan nomor (OL: Ordered List) selanjutnya kita akan membahas list yang kedua, yakni list tanpa nomor (UL: Unordered List). Jadi, list tanpa nomor (UL) dapat diibarakan dengan bullet pada penomoran Microsoft Office Word. Jenis bullet yang digunakan bisa bermacam-macam, dengan hanya menambahkan atribut type setelah tag <ul>. Prinsip penggunaannya sama dengan list dengan nomor tadi (OL:  Ordered List). Penomoran dalam penomoran utama juga bisa ditampilkan dengan menggunakan tag <li>. Berikut ini merupakan tipe/jenis bullet dari penomoran UL
  • Disc:  Bulatan Penuh
  • Circle:  Bulatan Kosong
  • Square: Segi empat penuh

Contoh:

Output:


No comments:

Post a Comment