Friday, November 29, 2019

Mengenal Jenis - Jenis Hacker


Seiring dengan meningkatnya pengguna internet di seluruh dunia, maka meningkat pula tingkat kejahatan di internet. Kejahatan yang paling banyak dilakukan pada saat ini adalah dengan melalui website. Menurut acunetix, pada saat ini sebesar 70% dari websites dan networks berpotensial dapat diserang atau di eksploitasi oleh hacker. Hacker merupakan orang yang mampu menganalisa kelemahan suatu sistem. Namun, istilah Hacker dalam masyarakat identik dengan orang yang merusak suatu sistem untuk kepentingan pribadi. Oleh karena itu, ada dua jenis hacker, yakni black hat dan white hat. Berikut merupakan penjelasan detailnya.


1. White Hat

Orang-orang ini biasanya disebut sebagai whitehat hacker, atau “hacker yang baik.” Hacker whitehat adalah orang-orang yang masuk ke sistem untuk menunjukkan letak sistem yang rentan dalam hal keamanan atau memberi perhatian pada suatu sebab. Niat mereka tidak selalu harus menimbulkan malapetaka tapi lebih ke hal dalam pelayanan publik.

Whitehat Hacker juga dikenal sebagai hacker etis; Mereka adalah hacker yang bekerja dari dalam perusahaan, dengan pengetahuan dan bahkan memiliki izin penuh perusahaan, yang masuk ke jaringan perusahaan untuk menemukan kekurangan dan menyampaikan laporan mereka ke perusahaan.

Sebagian besar hacker whitehat dipekerjakan oleh agen keamanan komputer yang sebenarnya, contohnya Computer Sciences Corporation (CSC). Ada lebih dari  40 ″ hacker etis “yang bekerja penuh, mendukung klien di Eropa, Amerika Utara, Australia, Afrika dan Asia. Layanan mereka mencakup konsultasi, arsitektur dan integrasi, evaluasi dan penilaian, penyebaran dan operasi, dan pelatihan. Penyebaran hacker etis ini dalam rangka untuk menguji kerentanan jaringan komputer, dimana ini merupakan salah satu dari banyak cara CSC agar bisa membantu klien menghadapi ancaman keamanan yang sedang berlangsung.

2. Black Hat

Berbeda halnya dengan white hat, black hat adalah individu dengan pengetahuan komputer yang luas yang tujuannya adalah untuk melanggar atau memotong keamanan internet. Blackhat Hacker juga dikenal sebagai cracker atau dark-side hacker

Mereka adalah hacker keamanan komputer yang masuk ke komputer dan jaringan atau juga membuat virus komputer. Istilah “blackhat” berasal dari bahasa barat kuno dimana tempat orang-orang jahat biasanya mengenakan topi hitam dan orang-orang baik mengenakan pakaian putih. Hampir sama dengan Hacker topi putih atau white hat dalam hal mengidentifikasi kelemahan keamanan; Tapi, mereka melakukan serangan dan pencurian berbahaya.

No comments:

Post a Comment